Blog yang menyajikan artikel tentang pola hidup sehat,yang bisa anda ikuti dan praktekkan

Hadits Tentang Adab, Cara dan Etika Di Dalam Masjid

Hadits Tentang Adab, Cara dan Etika Di Dalam Masjid
Masjid adalah Baitullah (Rumah Allah). Secara harfiah (makna aslinya) kata Masjid berarti suatu tempat untuk sujud/ Tempat untuk merendahkan diri ke hadapan sang pencipta. Seorang muslim ketika ingin masuk ke dalam masjid hendaklah dibarengi dengan niat hanya untuk berbakti kepada Allah SWT. Sebagaimana manusia masuk ke dalam rumah orang lain terdapat etika, maka sebaiknya seseorang ketika masuk ke rumah Allah SWT pun harus mengetahui adab-adabnya, pedoman serta tata tertibnya. Di bawah ini pedoman serta tata tertib, bagaimana masuk dan keluar mesjid dan bagaimana Adab tinggal di masjid.

Allah SWT berfirman: ”Hanyalah yang memakrnurkan mesjid- mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan di hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (di dalam Q.S. at-Taubah: 18)
Allah SWT berfirman dalam surat at-Taubah Ayat 108: Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar taqwa (maksudnya masjid Qubah) sejak hari pertama lebih patut engkau shalat di dalam nya. Di-dalam-nya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyenangi/Menyukai orang-orang yang bersih (Qur’an: di dalam surat At-Taubah Ayat ke-108)
Allah SWT berfirman: "Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu kepunyaan Allah. Maka janganlah engkau menyembah seseorang pun di-dalamnya disamping (menyembah) Allah." (Q.S. al-Iin: 108)

KETERANGAN:
Bisa disimpulkan dari pemaparan ayat-ayat di atas bahwa:
1. Orang yang beriman kepada Allah dan haxi Akhir pasti akan memakmurkan mesjid.
2. Mesjid itu dibangun untuk meningkatkan ketaqwaan seseorang.
3. Penghuni mesjid adalah orang-orang yang berhati suci, semata-mata untuk mengabdi kepada Allah.
4. Mesjid itu milik Allah, maka tidak boleh didalamnya berlaku syirik kepada-Nya.

HADITS-HADITS:
1. Lakukanlah shalat Tahiyyat al-Masjid:
Dari Abi Qatadah r.a, berkata; Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang diantara kamu masuk mesjid, maka janganlah duduk sebelum dia shalat 2 raka’at." (Bukhari Muslim)
Keterangan: Tahyat ul-Masjid dilakukan ketika masuk masjid kecuali di dalam 3 waktu yang di-larang:
1. Ketika menjelang terbit matahari.
2.Ketika menjelang terbenam matahari.
3. Ketika matahari berada di tengah-tengah langit, kecuali hari jum'at.
2. Mempersiapkan mental ketika masuk mesjid:
Dari Hudzifah r.a, berkata; Rasulullah SAW berkata: “Allah telah (sudah) memberi wahyu kepadaku: Wahai saudara para rasul, wahai saudara para pemberi peringatan! beriah peringatan kaumm supaya mereka tidak memasuki suatu rumah (masjid) dari beberapa masjid-Ku kecuali dengan hati yg bersih, lidah yg jujur, tangan yg bersih, dan kemaluan yg suci. Dan janganlah kalian memasuki rumah Ku sementara masih terdapat tindakan kezaliman diantara sesama, maka akulah pela’natnya selama dia berdiri dihadapan-Ku untuk shalat hingga dia mengembalikan hak yang dizalimi kepada yang berhaknya, jika dia melakukan hal itu, maka Akulah yang menjadi telinga dan menjadi matanya dan dia berada diantara para kekasih-Ku dan tamu terhormat-Ku dan dia hidup bertetangga dengan-Ku bersama para Nabi, bersama orang-orang yang beriman dan bersama para syuhada di dalam surga." (H.R. Abu Nu'aim)
3. Tidak boleh mengumumkan barang yang hilang
Dan dari Abu Hurairah ra, berkata: Rasulullah SAW bersabda:
"Siapa yang mendengar orang yang mencari barang yang hilang di masjid, hendaklah ia berkata: Mudah-mudahan Allah tidak mengembalikan barang itu kepadanya, karena mesjid itu tidak dibangum untuk keperluan  (H.R. Muslim)
4. Tidak boleh melakukan transaksi jual beli di masjid
Dan darinya (Abu Hurairah) ra, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda; “Apabila kalian melihat orang berjual beli di masjid, katakanlah kepadanya: Semoga Allah tidak memberikan keuntungan dalam perdaganganmu.” (H.R Nasi’i)
5. Tidak: boleh mengumumkan barang hilang di mesjid.
Dari 'Amr bin Syu'aib dari bapaknya dari kakeknya, Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang jual beli didalam masjid, melarang (mengumumkan) untuk mencari barang yang hilang, melarang untuk menyuarakan sya'ir clan dilarang duduk ber-
lingkar (mengadakan pengajian) sebelum shalat hari jum'at. (Abu Daud)
6. Jagalah kebersihan masjid
Dari Anas ra, berkata; Rasulullah SAW bersabda: "Meludah didalam masjid merupakan satu kesalahan dan dendanya itu yaitu membuangnya/menanamnya.” (Bukhari dan Muslim)
Dan dari Anas ra, berkata: Rasulullah SAW bersabda: ”Akan ditunjukkan kepadaku pahala-pahala ummatku sampai sampah yang dikeluarkan oleh seseorang dari mesjid." (H.R. Abu Daud)
7. Tertibkan shaf shalat
Dan dari Ibnu Mas'ud dari Nabi SAW bersabda: “Hendaklah orang-orang dewasa dan yang berakal diantara kalian mengikutiku kemudian orang-orang yang berikutnya, kemudian orang-orang yang berikutnya dan jauhilah kegaduhan-kegaduhan pasar (jangan ribut dalam mesjid).” (H.R. Muslim)
Dari 'Abdurrahman bin Ghanam, dia berkata: Abu Malik al-Asy’ari berkata: Maukah aku ceritakan tentang shalat Nabi SAW? Dia berkata: Maka beliau mendirikan shalat, maka beliau membuat shaf laki-laki dewasa (di depan) kemudian anak-anak di belakang mereka kemudian beliau shalat bersama mereka. (H.R. Abu Daud)
Dan dari Abu Hurairah ra, berkata; Rasulullah SAW bersabda: Sebaik-baik shaf laki-laki itu adalah shaf yang pertama dan sejelek-jeleknya adalah shaf yang terakhir. Sedangkan sebaik-baik shaf wanita adalah yang terakhir dan sejelek-jeleknya adalah shaf yang pertama (H.R. Muslim)
8. Tidak boleh duduk termenung (memeluk lutut) ketika mendengarkan khutbah jum'at
Dari Mu'adz bin Anas al-Iuhani ra, sesungguhnya Nabi SAW telah melarang duduk mendengkap lutut ke perut pada hari jum'at sedang imam berkhutbah. (H.R. Abu Daud)
9. Hindarilah makan yang bau busuk jika mau masuk ke masjid
Dari Ibnu Umar ra, sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Barang siapa yang memakan dari tumbuhan ini, yaitu bawang putih, maka janganlah ia sekali-kali mendekati masjid kami." (H.R. Bukhari Muslim)
10. Keutamaan orang yang jaraknya jauh ke masjid
Dari Abu Musa ra, berkata; Rasulullah SAW bersabda: “SesungguhnyaQxlmya manusia yang paling besar pahala shalatnya ialah yang paling jauh jarak perjalanannya, dan orang yang menantikan shalat untuk shalat berjama'ah dengan imam lebih besar pahalanya dari orang yang shalat sendiri kemudian tidur." (H.R.
Bukhari)
11. Do’a masuk masjid dan keluar masjid
Dari Abi Usaid berkata; telah bersabda Rasulullah SAW: ”Apabila salah seorang dari kamu memasuki masjid maka hendaklah dia berdoa; ALLAHUMMA IFTAH LANA ABWABA RAHMATIKA, (Ya Allah! Bukalah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu), dan apabila keluar berddalah; ALLAHUMMA INNi AS‘ALUKA MIN FADHLIKA, (Ya AlIah! Sesungguhnya aku mohon karunia-Mu)".(Muslim)
12. Jangan melewati/ berjalan di depan orang yang sedang shalat
Dari Sabrah bin Ma'bad al-Juhani ra, berkata; Rasulullah SAW bersabda: Hendaklah pakai pembatas (sutrah) salah seorang dari kau dalam shalatnya walaupun dengan anak panah." (H.R. Hakim)
Dan dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: Apabila salah seorang diantara kamu shalat maka hendaklah dia menyimpan sesuatu dihadapannya, jika tidak ada juga maka tancapkanlah tongkat, jika tidak ada pula maka hendaklah dia membuat garis, setelah itu tidak akan merusak shalatnya siapa saja yang berlalu di hadapan-nya.” (Ahmad)
Dan dari Abi Sa’id al-Khudriy ra, berkata; Rasulullah (Muhammad) SAW bersabda: ”Apabila salah seorang diantarakalian semua shalat dengan menghadap sesuatu yang menghalanginya dari manusia, lalu ada seseorang yang hendak melalu dihadapannya, cegahlah orang itu, jika dia menolak, perangilah (pukullah) dia, karena dia tidak lain hanyalah syetan (H.R. Bukhari Muslim)

Dari Abu Iuhaim bin al-Harits r.a, berkata; Rasulullah SAW bersabda: Kalaulah orang yang berlalu dihadapan orang yang shalat tahu dosa yang akan menimpanya, pasti dia berdiri empat puluh hari lebih baik baginya dari pada melintas (berlalu) dihadapat orang yang shalat itu (H.R. Bukhari Muslim)




0 komentar:

Posting Komentar

Hadits Tentang Adab, Cara dan Etika Di Dalam Masjid